Daftar Blog Saya

Senin, 18 Juli 2016

Kerajinan Tangan Dari Tikar Pandan




Kerajinan Tangan Tikar Pandan  yang direkatkan pada kayu balok limbah tukang kusen  Menjadi sebuah tempat tisu  keren. Hiasannya rangka dherbarium atau bunga tindih bougenville. Namun dicat dulu warna coklat.Pakai cat poster.  . 




Kerajinan Tangan Tikar Pandan  yang direkatkan pada kayu balok limbah tukang kusen  Menjadi  tempat tisu  keren. Hiasannya rrangkaian bunga bubur kertas.. 


Menjelang bazaar Ramadhan Juni 2016 silam, di satu kawasan kota Bandung, saya ingin agar stand kami  lebih banyak pembeli dengan menambahkan hadiah  ekstra bagi pembeli  di stand kami yang belanja di atas Rp 100.000,-. Itu namanya trik pemasaran. 

Kebetulan karya kerajinan tangan yang saya buat ini nantinya akan saya pasarkan juga. Jadi hitung-hitung promosi  rangkap. Ya untuk mendongkrak penjualan produk bazaar kelompok ibu-ibu  dalam tim kami. Orang jadi  senang berbelanja di stand kami karena dapat souvenir cantik gratis.

Sekalian, kelak produk yang masih baru ini akan saya pasarkan. 

Saya ingin berbagi  cara membuat kerajinan yang bernuansa etnik ini. Menampilkan anyaman tikar pandan yang diolah kembali. 

Cara membuat tempat tisyu atau tempat surat:

Bahan:

1. Potongan kayu bekas ukuran kecil  kira-kira berbentuk balok 5x5x15 cm. Saya memintanya ke tukang kayu yang membuat kusen. Gratis dan sering dibuang.
2. Selotip bolak balik ukuran lebar 5 cm.
3. Gunting dan sepidol
4. Hiasan berupa bunga-bunga dari bubur kertas, atau cat timbul, atau bunga daun daun herbarium
5. Tikar pandan seukuran lebih kurang 15x15 cm sebanyak 4 lembar. . ukuran 20 cm x 15

Handicraft, kerajinan tangan , kriya , dari tikar pandan. Disulap menjadi tempat tisyu cantik
Langkah / cara membuat:

1. Buat pola setengah lingkaran dari kertas dengan lebar 15 cm dan tinggi sesuai yang diinginkan .
2. Ambil selembar tikar pandan ukuran 15x15 . Tutup seluruh permukaan dengan selotip bolak balik. Lalu rekatkan dengan  tikar pandan satunya. Gambar pola di atasnya, lalu gunting. Tujuan merekatkan satu sama lain supaya saat digunting tikar pandan tidak buyar atau lepas anyamanya.
3. Lakukan hal yang sama pada 2 lembar lainnya yang 15x15 cm.
4. Lembar yang satu lagi rekatkan (dengan bantuan selotip bolak balik)  ke balok kayu bekas. 
5. Lembaran bentuk setengah lingkaran rekatkan dengan bantuan selotip bolak balik atau Lem Uhu.

Hias lembar tikar pandan dengan memanfaatkan bunga atau daun herbarium kering. Yang direkatkan menggunakan Lem Fox putih. Atau rangkaian bunga bubur kertas yang direkatkan dengan Lem UHU atau bisa juga dengan bantuan selotp bolak balik. Atau hias dengan rangkau daun sirsak yang sudha diwarnai dan dibentuk. Atau gunakan cat timbul.

Maka jadilah  karya-karya cantik ini.

Maaf karena terburu-buru , saya tidak sempat membuat foto step by stepnya. Lain kali kalau membuatnya saya akan foto step by stepnya.

Selamat mencoba ya. Jangan lupa tikar pandan ini jika dibuat jadi tas juga cantik. Dibuat kalung pun bagus. Kelak nanti saya akan unggah  membuat tas unik cantik yang dipadu padankan dengan rajutan dari kantong plastik keresek bekas. 
Kerajinan Tangan Tikar Pandan  yang direkatkan pada  plastik mika bekas  wadah kue berbentuk tabung.  Cara membuat kerajinan tangannya,  hias dulu dengan  daun pakis/suplir herbarium  kering. 
Kerajinan Tangan Tikar Pandan  yang direkatkan pada  karton bekas  Menjadi sebuah pigura keren.  Hiasannya rangka daun sirsak berwarna ungu tua dan ungu muda yang diguntingi kecil. Lalu ditambah bunga bubur kertas. . UNtuk tempat tisyu atau bisa juga tempat surat , kalau dipajang di meja bakalan cantik sekali. Hiasannya rangkaian bunga dari bubur kertas.


Kerajinan Tangan Tikar Pandan  yang direkatkan pada  karton bekas  Menjadi sebuah pigura keren. Hiasannya rangka daun sirsak berwarna ungu tua dan ungu muda yang diguntingi kecil. Lalu ditambah bunga bubur kertas. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar